Pangsa Pasar Ikan Lele

Ikan lele menjadi salah satu ikan yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Buktinya, Bapak/Ibu dapat melihat di pinggiran jalan raya pasti banyak yang menjual pecel ikan lele. Artinya penjualan ikan lele tidak sulit dan punya pangsa pasar yang besar. Jadi Bapak/Ibu hanya perlu mengusahakan agar budidayanya sukses menghasilkan ikan lele dengan kualitas yang tinggi.

Di Indonesia, pedagang pecel lele banyak. Tak pandang pulau, pasti saja selalu ada pedagang pecel lele di setiap daerahnya. Bapak/Ibu bisa menjalin kerja sama dengan pedagang pecel lele di pinggir jalan sebagai supplier ikan lele untuk mereka.

Bapak/Ibu bisa mengajukan diri untuk bekerja sama dengan para pedagang ikan di pasar. Untuk memulainya, Bapak/Ibu bisa mencari di pasar terdekat terlebih dulu. 

Lama-kelamaan, para pedagang ikan di pasar tersebut mengenal Bapak/Ibu sebagai Pembudidaya ikan lele sehingga Bapak/Ibu berpotensi menjadi supplier ikan lele untuk semua pedagang ikan di satu pasar. Bila ditekuni, dalam jangka panjang bisnis budidaya ikan lele Bapak/Ibu semakin besar dan bisa menjadi supplier di lebih dari satu pasar.

Tips pemasaran ikan lele yang ini sebenarnya cukup mudah. Bapak/Ibu tak perlu repot mengetahui cara mencari pengepul ikan lele. Sebab, dengan memiliki kolam budidaya ikan dengan jumlah yang cukup banyak saja bisa membuat para pengepul ini mulai melirik bisnis Bapak/Ibu. Bisa saja para pengepul ikan lele yang akan menghampiri Bapak/Ibu dan melakukan negosiasi perjanjian bisnis ikan lele. 

Sebaiknya, Bapak/Ibu mulai melirik jalinan kerja sama bersama pengepul ikan lele tersebut. Umumnya, mereka akan mengajukan berbagai sistem bisnis seperti perjanjian bisnis sistem minimal kuantiti, pembayaran tempo, atau sistem koloan. Agar Bapak/Ibu memiliki referensi harga, Bapak/Ibu bisa melakukan kerja sama dengan lebih dari satu pengepul untuk mengetahui harga pasaran ikan lele untuk para pengepul ikan lele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *